Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Sabtu, 23 Mei 2009

Latar Belakang Pembelajaran Tematik

Sekitar 40 tahun lalu, pembelajaran terpadu mulai mendapat perhatian yang luas dari para penulis, maupun para penyusun kurikulum khususnya dalam pembelajaran IPA (sains). Pada tahun 1968, di adakan Kompetensi Internasional tentang pembelajaran terpadu untuk sains yang pertama di Varna (Bulgaria). Hingga tahun 1978, telah diadakan kompetensi serupa sebanyak lima kali. Berbagai kurikulum pembelajaran terpadu dikembangkan di seluruh dunia, tetapi tampaknya pengertiannya masih banyak bervariasi.

Model pembelajaran terpadu kembali memperoleh proporsinya ketika di perlakukannya kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan kemasan lain yang juga dikenal dengan nama pembelajaran tematik.

Jumat, 22 Mei 2009

Memanfaatkan Ampas Kopi

Biasanya bila kita meminum kopi maka akan tersisa barak alias ampas kopi. Nah, jangan langsung dibuang begitu saja ampas kopi. Manfaatkan ampas ini untuk menghaluskan tangan. Caranya? Gosokkan ampas kopi ke telapak tangan anda selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Bau amis pada gelas, piring atau perabot rumah tangga pun akan hilang begitu disentuh dengan ampas kopi. Caranya? Siramkan pada barang-barang tersebut, diamkan sesaat, lalu bilas dengan air, baru kemudian dicuci dengan sabun. Lalu bilas hingga bersih. Silahkan coba khasiat bahan ampas ini.

Karakteristik Pembelajaran Terpadu

Menurut Depdikbud (1996:3) pembelajaran terpadu mempunyai karakteristik berikut:

Rabu, 13 Mei 2009

Perbedaan Kurikulum Amerika dengan Indonesia

Kadang orang banyak berfikir mengenai sekolah di luar negeri pasti lebih bagus kualitasnya. Memang saya akui indonesia masih kalah, tapi ada baiknya kita melihat dari sisi yang lain.

Hakikat Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.

Secara singkat, posisi kurikulum dapat disimpulkan menjadi 3, yaitu:
1. Kurikulum sebagai konstruk
2. Kurikulum sebagai jawaban berbagai masalah sosial yang berkenaan dengan pendidikan
3. Kurikulum untuk membangun kehidupan masa depan yang didasarkan atas kehidupan masa lalu, masa sekarang, dan berbagai rencana pengembangan dan pembangunan bangsa.

Kurikulum sangat penting bagi beberapa pihak yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Beberapa pihak yang dimaksud antara lain, guru, kepala sekolah, masyarakat, dan penulis buku pelajaran.

Komponen-komponen kurikulum terdiri dari tujuan, isi dan struktur program, organisasi, dan proses belajar mengajar serta evaluasi. Sebagai suatu sistem pelbagai komponen kurikulum memiliki keterkaitan yang bersifat harmonis dan tidak saling bertentangan.

Anak-anak di larang menyaksikan tontonan dewasa

Kenapa anak-anak dilarang menonton acara orang dewasa, sedangkan orang dewasa boleh nonton tontonan anak-anak?

***JAWABAN***

Karena orang dewasa sudah pernah jadi anak-anak, tetapi anak-anak belum pernah jadi orang dewasa

Minggu, 10 Mei 2009

Permukaan Meja

Mengapa permukaan bawah meja terasa lebih lembut dibandingkan permukaan atas ?

***JAWABAN***

Diatas permukaan meja, bekas ditaruh apel.
Di bawah permukaan meja, ada bekas ditaruh upil

Apel dan Upil

Apa beda apel dan upil ?

***JAWABAN***

Apel ditaruh di atas meja.
Upil ditaruh di bawah meja

Sabtu, 09 Mei 2009

Perayaan Hardiknas

Selama 3 hari berturut-turut terhitung tanggal 8, 9, & 10 mei 2009, kampus PGSD Banjarmasin akan mengadakan peringatan hardiknas. Pada acara kali ini PGSD mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh anak-anak SD dan TK. Acara ini kelihatan cukup meriah, bisa dilihat dari antusias jumlah para peserta lomba kali ini yang diikuti oleh berbagai SD dan TK yang ada di Banjarmasin.

Saya terus terang bangga dengan kampusku PGSD ini yang senantiasa setiap tahun selalu mengadakan acara seperti ini. Memang sudah seharusnya sebagai seorang calon pendidik kita memulai eksistensi kita dengan mengadakan acara bertema pendidikan seperti ini.
Akhirul kata, maju terus pendidikan indonesia dan maju terus kampus PGSD ku tercinta, semangat terus biarpun kita mengadakan event ini di week end. Keep harder, OK !

Cinta Tak Harus Memiliki

Cinta adalah air mata...
Air mata kesedihan...
Air mata kebahagiaan...
Namun,
Cinta itu telah cukup untuk cinta itu sendiri...
Cinta tak harus memiliki...
Meski air mata kebahagiaan mengawali namun,
Air mata kesedihanlah yang mengakhiri...
Jodoh hanyalah sepenggal omong kosong...
Fiktif tanpa kebenaran,
Halusinasi belaka.

Jumat, 08 Mei 2009

Cinta Itu

"Cinta bukanlah karena, tetapi cinta itu walaupun"

Maksudnya cinta itu bukanlah karena, karena kamu kaya, baik, cantik/ganteng dan teman-temannya. Tetapi cinta itu walaupun, walaupun kamu lugu, kamu tidak begitu pintar, walaupun kamu sederhana

Rabu, 06 Mei 2009

Susah tidur

Banyak guci hancur
Karena ditimpuk batu
Kalau kau susah tidur
tepuk bantal sebut namaku

Nabi yang mulia

Seminggu ada 7 hari
Pasar tutup hari jumat
Dari banyaknya nabi
Paling mulia nabi muhammat

Awak kurus

Kayu lurus dalam gudang.
Awak kurus banyak tulang

Cinta Sejati

Mencari cinta yg sejati!
Janganlah mencari seseorang yang sempurna, tapi carilah orang yang bisa membuat dirimu menjadi seorang yang sempurna.

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails