Assalamualaikum

Search

Memuat...

Sudah Baca kah

Jumat, 24 Juni 2011

Fenomena Bentor di Kandangan HSS

Sumber foto wikipedia
 Di kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan. Makin marak dengan adanya alat transportasi baru yaitu bentor. Bentor sebenarnya adalah kendaraan roda dua yang dimodifikasi bentuknya menjadi seperti becak, tetapi dalam hal ini becak ini tidak lagi menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya. Bentor sama seperti kendaraan roda dua, menggunakan bahan bakar bensin sebagai bahan kendaraan ini.
Sumber foto dari phoetrazero


Ternyata kemunculan bentor ini diprakarsai oleh Kebijakan Pemerintah Kabupaten yang ingin berupaya untuk memfasilitasi Pengembangan Transportasi yang Manusiawi sebagai salah satu upaya meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi dan keunggulan Daerah
  Dikutip dari Gaharubudidaya (bentorhssblogspotcom.blogspot.com) , Beca yang selama ini dikenal hanya dikayuh dengan kaki dan sangat tergantung dengan tenaga manusia yang menurut pandangan kita masih dapat di-improvisasi atau di Inovasi menggantikannya dengan Becak yang bermotor sehingga daya tempuhnya dapat lebih jauh dan lebih memanusiakan penarik beca. Bintur Antaluddin merupakan modifikasi dari Bentor (Becak Motor) Gorontalo yang di-Inovasi oleh Fadel Muhammad Gubernur Gorontalo. Dikutip dari Wikipedia , Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Walaupun secara hukum pihak berwajib (DLLAJR) provinsi Gorontalo tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini, namun jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah. Kendaraan Bentor ini berfungsi selayaknya alat transportasi becak, yakni mengantar penumpang ataupun barang-barang ke suatu tujuan. Tetapi berhubung alat transportasi bentor ini merupakan fenomena baru di kota kandangan, akibatnya bentor juga digunakan anak-anak sebagai alat rekreasi/ hiburan. Sehingga bentor terkadang ada juga membuat pangkalan di dekat tempat hiburan umum anak-anak seperti taman kota, cukup banyak anak-anak tertarik untuk naik bentor walaupun hanya sekedar keliling-keliling kota sebentar. Berikut foto-foto bentor diambil dari detik (http://foto.detik.com/)
Entah, sampai kapan fenomena bentor ini akan menjadi cukup "tren" di kota Kandangan. Tapi dibalik semua itu, satu hal yang patut disukuri dibalik fenomena ini yakni hal ini menunjukkan sudah adanya inovasi dari masyarakat untuk lebih maju. Sebab kalau yang ane denger dari guru ane, inovasi itu hal yang menunjukkan kemajuan dan kemauan untuk sesuatu yang lebih baik, sama satu lagi. Apabila kita hanya menjalankan rutinitas ini akan mematikan potensi seseorang. 
Sumber:
1) http://id.wikipedia.org/wiki/Bentor
2) http://foto.detik.com/readfoto/2007/08/06/090623/813579/157/2/
3) http://phoetrazero.blogspot.com/2010/04/abang-bentor-mulai-copot-mesin.html
4) bentorhssblogspotcom.blogspot.com/2010_01_01_archive.html

4 komentar:

Anonim mengatakan...

mau nanya untuk bengkel bentor yang ada di kandangan lokasinya dimana aja...?

Puad Anshari mengatakan...

Maaf amang Anonim ai, ulun kada tahu jua! Ulun daripada posting info bentor banarai, soal detailnya kada aham ulun

Choirul Anwar mengatakan...

gan tukar tambah ma bentor ana tambah berapa.......

Magi mengatakan...

bintor to kurang aman mang ae... harusnya ada saffety belt sejenis sabuk pengaman nya,,masa duduk di depan ,sopirnya belakang langsung nuuubbb bruuukkk donkk,,,,... takut naik jd nya

Poskan Komentar

Kalo udah baca, ditunggu caci dan maki buat perbaikan tulisan admin kedepannya. :)

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails