Assalamualaikum

Search

Memuat...

Sudah Baca kah

Jumat, 01 Juli 2011

Pertanyaan Sidang Skripsi Dosen (Prediksi Bocoran Soal)

Pertanyaan sidang skripsi dosen pembimbing maupun penguji adalah sesuatu yang kadang-kadang menjadi "misteri besar" bagi seseorang yang telah mendapat undangan untuk melakukan sidang skripsi. Kadang-kadang tergantung nasib, dapat dewan penguji baik atau sedikit "cerewet" . Dihimpun dari berbagai cerita orang, pengalaman nonton sidang, dan liat di internet. Adapun prediksi pertanyaan yang akan keluar ditanyakan dosen yaitu:
Bab 1 
  1. Apa hubungan PTK ini dengan undang-undang yang kamu cantumkan?
  2. Apa masalah penelitian ini? 
  3. Kenapa itu masalah ? dan cara mengatasi?
  4. Kenapa pake metode/ model/ strategi (kuesioner ato wawancara ato cara lainnya)? Knp ga pake metode lain?
  5. Apa kelebihannya dibanding yang lain? kamu cantumkan tidak?
  6. Jelasin urutan metode penelitian!
  7. Apa beda tujuan dan manfaat?

Bab 2
  1. Teori ini kamu pakai dimana? Tunjukkan!
  2. Dari buku mana kamu ambil teori ini? Tunjukkan!
  3. Kenapa kamu pake teori si A? Kenapa ga teori si B?
  4. Jelasin tentang.. (sebut aja teori2 yg ada di bab 2).. misalnya jelasin ttg Pembelajaran!
  5. Kenapa kamu mengutip seperti ini?

Bab 3
  1. Gmn cara analisisnya?
  2. Apa bedanya analisis sm analisa? Yg mana yg bener?
  3. Tujuan uda tercapai blm di skripsi ini?
  4.  
Bab IV
  1. Yg dimaksud dgn perancangan itu apa?
  2. Siapa Observermu? Kenapa musti dia....
  3. Kenapa kamu pakai (kuesioner/wawancara, dsb)? Knp ga pake.. (observer/metode lainnya)?
  4. Pertanyaan yg u pake ini valid ga?
  5. Siapa yang kamuu kasih.. (kuesioner/metode analisis yg lainnya)?
  6. Implementasinya dengan bab III gimana?
  7. Gimana menggunakannya?
  8. Yangg dipake di bab ini teorinya uda ada belum di bab2? Teorinya sapa? Tunjukin!
  9. Gimana caranya evaluasi?


Bab V
  1. Simpulan sudah memenuhi tujuan skripsi u blm?
  2. Simpulan ini didapat darimana? Jelasin!
  3. Saran u bermanfaat ga?
  4. Untuk kesimpulan menggunakan kata-kata yg bersifat relatif (misalnya siswa meningkat, guru lebih aktif/baik) – Kamu yakin? Tahu drmana?



- DAFTAR PUSTAKA
  1. Buku ini bentuknya kaya gmn?
  2. Koq pake buku lama? (utk yg pake buku cetakan lama ato buku taun jebot)
  3.  Koq bnyk banget? (utk yg daftar pustakanya bnyk – relatif utk setiap dosen), Koq dikit bgt? (utk yg daftar pustakanya dikit – relatif jg)
  4. Buku ini teorinya dipake dimana? Tunjukin!
—————————————————————————————
- SOAL JAGA-JAGA
  1. Sebutin kelebihan skripsimu!
  2. Siapa itu.. (disebutkan salah 1 nama di daftar pustaka, misalnya Arikunto) – LOL..
  3. pertanyaan yg serem bgt nich kalo daftar pustaka banyak (pertanyaan ngarang he he)? Kenapa skripsi kamu tebal!!
  4. Sekarang, Praktikkan bagaimana cara kamu mengajar sekarang!

 Kalau ada yang mau menambahkan silahkan komentar saja!!! Kita lucu-lucuan sambil belajar bareng

Catatan : penulis cuma iseng, kebenaran pertanyaan tidak dijamin 100%. Admin lagi cari hiburan pelepas stres skripsi :-)

11 komentar:

Anonim mengatakan...

hanyar sidang pank lah

sofia mengatakan...

ada beberapa pertanyaan yg sama hmmmmm....semoga info ini bermanfaat dan bisa menghilangkan sedikit kegalauan tentang sidang ;)

Anonim mengatakan...

Belum ngalamin langsung sidang, ntar deh...ku coba dulu, bneran pa ga pertanyaan yang keluar kaya gtu....

Anonim mengatakan...

lumayan buat ngatasin galau menjelang sidang,,,mudah mudahan penguji mau nanya kaya daftar di atas...minimal 2 to 3 pertanyaan yang sama, biar ga blank2 buangeeettttzzzzz.....

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Romantik Citra Impiansi mengatakan...

lumayan membantu nih buat gambaran gue mau sidang.... thanx

Anonim mengatakan...

Kyanya (y) bAgÕoooº°˚ ˚°º... ºoºssss(y) ‎​B⌣ªª⌣ªª⌣ªªñgêt buat siap2 hdapin sidang ntr

Poskan Komentar

Kalo udah baca, ditunggu caci dan maki buat perbaikan tulisan admin kedepannya. :)

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails