Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Kamis, 03 Desember 2020

CATATAN TEMA 5






Sedikit catatan Tambahan Materi Kelas 5 Tema 5  

1. Sumpah Pemuda (PKn)

        Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

         Yang dimaksud dengan "Sumpah Pemuda" adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua[1] yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada "tanah air Indonesia", "bangsa Indonesia", dan "bahasa Indonesia". Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap "perkumpulan kebangsaan Indonesia" dan agar "disiarkan dalam berbagai surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan".

       Pada Kongres pemuda 2 tersebut dirumuskan "Sumpah Pemuda"
-Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
-Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
-Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

       Dalam kongres tersebut lagu kebangsaan "Indonesia Raya" pertama kali diperdengarkan.
Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00, naskah proklamasi dibacakan di jl. Pegangsaan timur no. 56 Jakarta oleh Soekarno dan Hatta, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.


2. SIMBIOSIS (IPA)

Simbiosis
Pengertian Simbiosis. Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan. Kata simbiosis berasal dari bahasa Yunani yaitu sym artinya dengan, dan biosis artinya kehidupan. Simbiosis merupakan suatu pola interaksi yang erat antara dua organisme yang berlainan jenis, sedangkan simbion adalah sebutan untuk makhluk hidup yang melakukan simbiosis.

A. Simbiosis Mutualisme 
Simbiosis Mutualisme  adalah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Contoh simbiosis mutualisme:
1. Contoh Simbiosis Mutualisme : Hubungan Bunga dan Lebah
Lebah   membutuhkan madu yang terdapat pada bunga sepatu sebagai makanannya. Bunga sepatu membutuhkan lebah untuk  membantu terjadinya proses penyerbukan.

2. Contoh Simbiosis Mutualisme : Burung Jalak dan Kerbau.
3. Contoh Simbiosis Mutualisme : Jenis jamur dan Lumut kerak
4. Contoh Simbiosis Mutualisme : Bunga dengan kupu-kupu
5. Contoh Simbiosis Mutualisme : Flagellata dan rayap

B. Simbiosis Parasitisme 

adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan dan merugikan pihak lainnya. Contoh: 
1. Contoh Simbiosis Parasitisme : Tanaman benalu dengan inangnya

Benalu termasuk tumbuhan biji dan berdaun hijau. Akar benalu itu tidak sempurna sehingga tidak mampu menyerap air dan hara langsung dari tanah. Untuk memenuhi kebutuhan akan air dann hara, benalu menumpang pada ranting tumbuhan jenis lain. Lalu akarnya yang berupa alat isap akan menembus masuk ke dalam jaringan pengangkut tumbuhan yang ditumpanginya. Kemudian benalu akan menyerap air dan hara yang terlarut di dalamnya. Sehingga tumbuhan inang mengalami kerugian karena air dan hara yang akan digunakan untuk hidupnya diserap oleh benalu. Akibatnya dari kegiatan benalu tersebut, biasanya ujung ranting tanaman yang ditumpanginya mengecil, kurus, dan akhirnya mati.

2. Contoh Simbiosis Parasitisme: Tali putri dengan inangnya
3. Contoh Simbiosis Parasitisme: cacing tambang yang hidup di dalam usus manusia

C. Simbiosis Komensalisme 
Simbiosis Komensalisme adalah di mana pihak yang satu mendapat keuntungan tapi pihak lainnya tidak dirugikan dan tidak diuntungkan. Contoh:
1. Contoh Simbiosis Komensalisme: Hubungan Ikan badut dengan anemon laut
Di alam, kehadiran ikan badut pada anemon dapat melindunginya dari agresifitas beberapa jenis ikan seperti ikan angle atau ikan butterfly yang akan memangsa tentakelnya. Sebaliknya ikan badut memanfaatkan anemon tersebut sebagai tempat berlindung dari musuh alaminya. Tanpa perlindungan dari anemon, ikan badut hanya dapat bertahan hidup beberapa menit saja sebelum dimangsa oleh musuhnya.

2. Contoh Simbiosis Komensalisme: Hubungan Tumbuhan pakis tumbuhan inangnya. 
3. Contoh Simbiosis Komensalisme: Hubungan Anggrek dengan Inangnya




 ©PUAD CORPORATION 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails