Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Sabtu, 20 Februari 2010

Upin dan Ipin


Lihat banyak orang yang posting tentang upin & ipin, jadi pengen posting juga. Buat menambah postingan sekaligus menyalurkan pendapat.

Upin dan ipin merupakan animasi yang berasal dari negeri malaysia, jadi bahasa yang digunakan bahasa malaysia. Meski begitu animasi ini disukai oleh banyak masyarakat indonesia karena cerita dan dialek bahasa malaysianya terdengar lucu di telinga, memang sedikit-sedikit bisa dipahami mungkin karena bahasa kita yang serumpun.

Animasi Upin & Ipin menceritakan tentang kehidupan dua anak kembar upin dan saudaranya ipin. Upin dan ipin merupakan anak yatim piatu yang dirumah tinggal dengan nenek (kerap disapa opa) dan kakak perempuannya (kak ros), mereka masih sekolah TK Tadika Mesra. Mereka mempunyai sahabat-sahabat yang memiliki karakter unik, biasanya mereka main bersama baik disekolah maupun dilingkungan rumahnya. Hal inilah yang sering ditampilkan dalam per episodenya, selain saat di rumah dan berinteraksi dengan tetangganya.

#TOKOH / KARAKTER#
1. UPIN
Kakak kembar ipin, berapa menit lahir lebih dulu. Cirinya biasa memakai pakaian mengandung inisial "U" dan berkepala gundul plontos.
2. IPIN
Memakai kaos berinisiak "I", upin mempunyai ciri khas mengulang kata 3x seperti "betul, betul, betul", "salah, salah, salah", dan lainnya. Makanan kesukaannya ayam goreng
3. OPA
Nenek mereka berdua, penyayang terhadap cucunya.
4. KAK ROS
Memiliki tempramen yang tinggi, apalagi kalau melihat upin & ipin kerjanya cuma main. Biar pemarah, dia tetap sayang sama mereka.
5. KEK DALANG
Tetangga dekat mereka, sangat perhatian dengan upin dan ipin. Anak-anak mempunyai panggilan yang khas saat ke rumah kek dalang. Mereka serempak mengucapkan "atuk oh atuk"
6. MAIL
Teman mereka yang merupakan anak pedagang. Sehingga kata andalannya tak jauh dari duit "dua singgit" (ringgit merupakan mata uang malaysia)
7. Mei-Mei
Cewek keturunan chinese, paling pintar di sekolah. Meskipun memiliki banyak perbedaan, dia bisa akrab dengan upin & ipin. pada episode awal, merupakan satu-satunya teman perempuan dalam grup bermain mereka, sebelum datang susanti
8. IHSAN
Tubuhnya gembrot sesuai dengan hobinya yaitu makan. Ihsan ini yang biasanya memimpin salam kepada guru pas di kelas "selamat pagi cik ku"
9. Fizi
Teman terakrabnya Ihsan sekaligus anggota geng bermainnya upin & ipin
10. JARJIT
Tingkahnya paling konyol, suka berbicara memakai pantun "dua tiga... ". kadang-kadang pantunnya setengah memaksa. Selesai pantun biasanya mengucapkan famolus (gak tahu tulisannya benar atau tidak) yang berarti hebat/ luar biasa
11. SUSANTI
Dari indonesia, tepatnya pindahan jakarta. Kadang-kadang upin & ipin tidak mengerti apa yang diucapkan susanti ketika berbicara bahasa indonesia

Biar tidak dibilang terlalu memuji produk orang lain alias tidak cinta produk dalam negeri, ku tulis pendapatku dari sudut pandang penonton mengenai kelebihan dan kekurangan

#KELEBIHAN DAN KEKURANGAN#
*KELEBIHAN*
1. Mengajarkan menghormati perbedaan, contoh pas episode puasa. Mei-Mei yang non-muslim bisa menghormati, demikian sebaliknya bagi upin dan ipin. Intinya perbedaan tak menghalangi pertemanan.
2. Mengajarkan tentang agama & budi pekerti, pada episode-episode pas puasa disisipkan ajaran agama. Jadi kesannya tidak menggurui anak-anak yang menonton.
3. Dialek malaysianya yang lucu. Hiburan lah
4. Not bad lah, bagus untuk anak-anak meskipun kadang perlu didampingi orang tua

*kekurangan*
1. Kadang anak-anak yang menonton suka meniru pelajaran yang salah. Perlu bimbingan Orang Tua saat menonton.
2. Kadang tayang di tv pas magrib. Anak-anak bisa lupa shalat


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya rakyat Malaysia senang sekali kerana ramai rakyat Indonesia begitu suka sama kartun Upin Ipin. Semoga hubungan rakyat Malaysia dan Indonesia akan bertambah akrab.

Faiz

Unknown mengatakan...

Ada juga sih sebenarnya yang kurang suka. Tapi wajarlah kata "suka" ada karena adanya kata "tidak suka". Terimakasih kasih kunjungannya Pak Ci !!!

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails