Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Senin, 21 Mei 2012

RPUL Zaman Prasejarah

 1. Prasejarah merupakan kejadian atau peristiwa yang sesungguhnya terjadi sebelum manusia mengenal tulisan. Ilmu prasejarah ialah ilmu yang menyelidiki tentang segala kegiatan manusia pada masa lampau sebelum adanya sumber tulisan.
2. Jenis manusia purba Meganthropus ditemukan oleh Von Koeningswald yang menemukan rahang bawah dan rahang atas pada tahun 1936 dan 1941. Temuan ini merupakan sisa meganthropus yang disebut Meganthropus Palaeojavanicus (manusia raksasa dari jawa).
 3. Pithecanthropus Erectus dikenal sebagai manusia kera yang berjalan tegak, ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1891 di Trinil Jawa Tengah.
4. Pithecanthropus Soloensis ditemukan oleh Von Koeningswald, Teer Har, dan Oppenhorth di Ngandong, Blora pada tahun 1931-1933.
5. Pithecanthropus Mojokertoensis (manusia kera dari mojokerto) atau Pithecanthropus Robustus ditemukan oleh Von Koeningswald dekat mojokerto, jawa timur pada tahun 1936.
6. Homo Soloensis (manusia dari solo) ditemukan oleh Von Koeningswald dan Weidenrich pada tahun 1931-1934 di lembah bengawan solo.
7. Homo Wajakensis (manusia dari wajak) ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1889 di daerah wajak, Tulungagung.
8. Hasil kebudayaan masyarakat pada masa bercocok tanam terdiri dari alat-alat batu dan bangunan megalith. Peninggalan masyarakat purba ini di antaranya sebagai berikut.
a. Bermacam-macam alat batu seperti beliung (kapak) persegi, kapak lonjong, mata panah, gerabah, dan perhiasan.
b. Bangunan megalith di antaranya dolmen, waruga, sarkofagus, kubur peti batu, punden berundak, dan arca megalith.

SUMBER : Eryadi, 2007. Intisari Pengetahuan Umum Lengkap SMP (Cetakan kedua). Jakarta : Kawan Pustaka
©PUAD CORPORATION 2012

0 komentar:

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails