Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Selasa, 30 Juni 2009

Sehat bersama si Citrus Aurantifolia (Jeruk Nipis)

Jeruk nipis yang mempunyai nama ilmiah Citrus Aurantifolia merupakan tanaman perdu, yang punya banyak cabang. Lazimnya tanaman ini ditanam di kebun, atau juga ditanam di pekarangan. Selain bisa dipetik buahnya, juga membuat lingkungan rumah ataupun halaman semakin asri dan sejuk.

Menilik morfologinya, daun jeruk nipis berbentuk bulat telur, dan setiap daun bertangkai daun. Batangnya cukup keras, berbunga putih dengan bentuknya menyerupai bintang. Buah yang rasanya asam ini, mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linanin asetat, geranil asetat, felandren, sitral, dan asam sitrat.

Sebagaimana diketahui, jeruk nipis memiliki manfaat berikut:
1. Wajah terhindar dari keriput.
jeruk nipis diiris, diperah, untuk di ambil airnya. Berikanlah tambahan 1 sendok makan minyak kayu putih, dan 1/4 sendok kapur sirih. lantas diaduk sampai merata. Ramuan ini dipakai sebagai bedak, dan sering dilakukan tiap malam.
2. Buang bau badan
Sediakan 1 buah jeruk nipis dan 5 lembar daun sirih, selanjutnya direbus dengan 1 gelas air. Perebusan dihentikan kalau airnya tinggal separuhnya. cara memakainya pada saat mandi.
3. Bikin Suara Merdu
Ambil dua buah jeruk nipis, lalu potong dan peras untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit kapur sirih, kemudian diaduk dan sembari diberi satu sendok madu asli. Diminum seminggu sekali selama sebulan.
4. Usir Batuk
Siapkan 3 buah jeruk nipis, potonglah menjadi dua bagian yang sama, lalu oleskan kapur sirih pada kedua bidang potongan tadi. Takupkan kembali, lalu tusuk dengan lidi, dan panggang di atas perapian sampai keluar buih-buih kapur sirih. Oleskan buah kapur sirih pada bagian tenggorokan. Peras juga buah jeruk nipis dan ambil airnya untuk diminum.
5. Turunkan Deman
Siapkan 4 buah jeruk nipis, setiap jeruk dipotong menjadi 4 bagian. Peraslah dan ambil airnya, lalu kukus air jeruk tersebut selama 30 menit. Angkat dan biarkan hingga suam-suam kuku. Tambahkan sedikit ragi tape dan 4 siung bawang merah yang telah dimemarkan, lalu aduk sampai merata. Oleskan pada sekujur tubuh anak yang sedang panas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, info penting neh!

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails

Blog Archive