Assalamualaikum

Search

Memuat...

Sudah Baca kah

Sabtu, 24 September 2011

Makan-makanan bergizi

Setiap hari kita selalu membutuhkan energi atau tenaga untuk melakukan kegiatan. Oleh karena itu, kita harus cukup makan untuk mendapatkan energi. Makanan yang kita makan harus bergizi dan seimbang.
Makanan bergizi sebagai sumber energi, bahan pembangun, pelindung tubuh, dan pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung  zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Adapun zat gizi yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.



A.     Karbohidrat
Fungsi karbohidrat bagi tubuh sebagai berikut.
1.   Sebagai sumber tenaga.
2.   Sebagai makanan cadangan.
3.   Untuk mempertahankan suhu tubuh.
Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain: gandum, beras, jagung, sagu, dan ketela pohon




B.     Lemak
Lemak juga sebagai sumber tenaga. Lemak ini berfungsi sebagai makanan cadangan. Bahan makanan yang mengandung lemak antara lain: kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju, dan daging.




C.     Protein



Protein berguna sebagai zat pembangun tubuh. Makanan yang berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Bahan makanan yang mengandung protein antara lain susu, daging, putih telur, dan kacang-kacangan terutama kedelai.

D.     Mineral
Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun tubuh hanya membutuhkan sedikit, kita harus tetap memenuhinya. Jika tubuh kekurangan mineral, kesehatan akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti tertera dalam tabel berikut:

NO
Mineral
Sumber Bahan Makanan
Kegunaan
1
Fosfor
Ikan, kacang-kacangan, susu,
dan keju
• Pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.
2
Kalsium
Sayuran kol, wortel, kacang-
kacangan, bawang, susu, dan
keju
• Pembentukan tulang dan gigi.
3
Zat besi S
Sayuran hijau (bayam, kangkung)
• Membantu kerja otot dan saraf.
• Membentuk sel darah merah.
• Mencegah penyakit kurang darah
(anemia
4
Fluor
Susu, kuning telur, ikan laut, dan otak.
• Pembentukan tulang dan gigi.
• Mencegah kerusakan gigi
5
Yodium
Ikan  laut, garam beryodium, dan sayuran hijau
• Mencegah penyakit gondok.

E.      Air
Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh. Air dapat diperoleh dari air yang kita minum. Selain itu, air juga diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada kondisi normal kita membutuhkan minimal 1-2 liter air setiap hari. Tubuh akan terasa lemas jika kita kekurangan air. Oleh karena itu, perbanyaklah minum, terutama air putih!
F.      Vitamin
Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh. Vitamin dapat mencegah timbulnya penyakit. Sebaliknya, kekurangan vitamin (avitaminosis) dapat mengganggu kesehatan. Misalnya sariawan akibat tubuh kekurangan vitamin C. Kegunaan beberapa jenis vitamin seperti tabel berikut:


NO
Mineral
Sumber Bahan Makanan
Kegunaan
1
A
Hati, susu, mentega, minyak ikan, kuning telur, sayuran, wortel, buah-buahan yang berwarna merah seperti pepaya dan tomat
• Meningkatkan daya tahan tubuh.
• Menjaga kesehatan mata.
• Menjaga kesehatan kulit.
2
B1
Daging, hati, telur, susu, beras merah, bekatul, dan kacang hijau
• Membantu pencernaan makanan.
• Mencegah penyakit beri-beri.
• Meningkatkan nafsu makan.
3
C
Buah-buahan dan sayuran segar seperti   jeruk, nanas, cabai, tomat, dan pepaya
• Mencegah sariawan.
• Membantu daya tahan tubuh
terhadap infeksi.
• Menjaga agar dinding pembuluh
darah kuat.
• Menyembuhkan luka.
• Menjaga tulang, gigi, dan gusi agar
tetap sehat.
4
D
Minyak ikan, kuning telur, susu,
mentega, dan ikan.
• Membantu proses pertumbuhan tulang.
• Mencegah penyakit rakhitis dan osteoporosis.
• Membentuk dan memelihara tulang serta gigi
5
E
Biji-bijian (terutama yang sedang berkecambah), telur, mentega, dan susu.
• Mencegah kemandulan.
• Pelindung sel-sel darah merah.
• Menghaluskan kulit.
• Menyuburkan rambut
6
K
Sayuran hijau, kacang kedelai, susu, kuning telur, bayam, kangkung, dan kubis
• Membantu proses pembentukan darah

Sumber : Azmiyati , Choril , dkk. 2008. IPA SALINGTEMAS 5. Jakarta : Pusat Perbukuan DEPDIKNAS.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kalo udah baca, ditunggu caci dan maki buat perbaikan tulisan admin kedepannya. :)

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails