Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Rabu, 18 Maret 2020

Materi IPA Tata Surya Kelas VI

TATA SURYA



Tata surya adalah susunan benda-benda langit yang terdiri dari matahari, planet,dan benda langit lainnya. Planet dan benda-benda langit lainnya secara teratur mengelilingi matahari sebagai pusatnya.


1. Matahari sebagai Pusat Tata Surya

    Matahari merupakan sebuah bintang yang paling dekat dengan bumi. Bintang merupakan benda langit yang dapat menghasilkan cahaya sendiri. Panas yang dipancarkan matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Maka matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar. Dengan gaya gravitasi tersebut terjadi gaya tarik-menarik antara matahari dengan planet-planet dan benda langit lainnya. Hal ini yang menyebabkan planet-planet dan benda langit lainnya selalu beredar mengelilingi matahari.

2. Planet
    Planet tidak dapat bercahaya. Planet termasuk benda langit yang selalu berputar pada orbitnya dalam mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Planet berputar pada masing-masing garis edarnya. Garis edar planet disebut orbit.
     Sampai saat ini planet yang ditemukan dalam tata surya ada delapan buah planet, yaitu Merkurius, Venus, bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Berdasarkan letak planet terhadap bumi, planet dikelompokkan menjadi planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri terdiri dari Merkurius, Venus dan Mars karena ketiga planet ini berada di dalam orbit bumi. Sedangkan Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus disebut planet luar karena berada di luar orbit bumi.

a. Merkurius
    Merkurius mendapat julukan bintang fajar atau bintang senja karena kadangkadang terlihat menjelang matahari terbit atau beberapa saat setelah matahari terbenam.

b. Venus
    Planet Venus merupakan planet terdekat dengan bumi. Oleh karena itu, Venus tampak paling jelas dari bumi. Pada pagi hari, Venus terlihat jelas seperti bintang di ufuk timur, sehingga banyak orang menyebutnya Bintang Timur, Bintang Barat, Bintang Malam, Bintang Pagi atau Bintang Kejora

c. Bumi
   Bumi adalah planet ketiga pada tata surya denga jarak dari matahari kurang lebih 150 juta km. Bumi yang kita tempati ini memiliki faktor-faktor pendukung bagi kehidupan makhluk hidup sebagai berikut :
1) bumi cukup menerima sinar matahari sehingga suhu permukaan bumi berkisar 22°C. Dengan suhu tersebut memungkinkan makhluk hidup melakukan proses kehidupannya. Karena suhu tersebut tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas.
2) bumi mempunyai atmosfer yang mengandung oksigen. Atmosfer ini melindungi bumi dari jatuhnya benda langit yang lain. Selain itu, atmosfer yang menyelimuti bumi berperan menahan panas dan cahaya matahari yang berlebihan dan membahayakan, seperti sinar ultraviolet.
3) Permukaan bumi terdiri dari daratan dan perairan. Perairan di bumi lebih luas dari pada daratannya. Dengan demikian dapat menyediakan air sebagai sumber kehidupan.

   Bumi merupakan planet ke lima terbesar dari sembilan planet lainnya. Diameter bumi kurang lebih 12.756 km. Orbit bumi berbentuk elips. bumi memiliki satu satelit, yaitu Bulan

d. Mars
   Atmosfer yang menyelimuti Mars sangat tipis sehingga permukaan Mars dapat diamati dari bumi dengan menggunakan teropong. Mars adalah planet yang berwarna merah.

e. Jupiter
   Jupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya. Diameter Jupiter 11 kali diameter bumi atau sekitar 141.700 km. Jupiter memiliki 17 satelit, dan yang terbesar di antaranya adalah Ganymedes.
      Sebagian besar Jupiter tersusun atas gas, terutama hidrogen dan helium.

f. Saturnus
   Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Jupiter dengan diameter 10 kali diameter bumi. Keistimewaan planet ini, yaitu cincin yang mengelilinginya. Cincin ini diperkirakan terdiri atas debu halus, kerikil dan butir-butir es.

g. Uranus
    Uranus merupakan planet ketiga terbesar setelah Jupiter dan Saturnus. Uranus dikelilingi lima buah satelit dan yang paling besar adalah Titania.

h. Neptunus
    Suhu permukaannya lebih dingin daripada Uranus, yaitu sekitar minus 200° C. Neptunus memiliki dua buah satelit, yaitu Triton dan Nereid. Triton adalah satelit terbesar.

####################################################
Pluto Bukan Lagi Sebuah Planet
       Pluto terlalu kecil untuk masuk sebagai planet. Dan selama ini, para astronom memang sudah meragukan status Pluto sebagai planet ke sembilan dalam tata surya kita. Pluto, bongkahan es kecil di ruang angkasa, memang menjadi planet terkecil dalam tata surya sejak ditemukan pada tahun 1930. Objek yang tidak mengandung kehidupan ini sudah lama terancam pengusiran dari kelompok elit sembilan planet dalam tata surya.


3. Benda-Benda Langit Lainnya
a. Komet
    Komet merupakan benda terbesar dalam tata surya. Ukurannya dapat melebihi 10 mil dan mempunyai ekor bercahaya yang panjangnya jutaan mil sampai angkasa. Karena itu, komet sering disebut bintang berekor.

b. Meteorid
    Meteorid adalah benda langit yang berukuran kecil, beredar mengelilingi matahari dalam lintasan yang tidak tetap.
    Meteorid dapat jatuh ke bumi melewati atmosfer karena adanya gravitasi bumi. Pada saat masuk ke atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi, terjadi gesekan dengan udara sehingga meteorid menjadi panas dan terbakar. Jika dilihat dari bumi tampak seperti bintang yang jatuh. Meteorid yang jatuh ke bumi disebut meteor.

c. Asteroid
   Asteroid merupakan bagian dari sistem tata surya yang terletak di antara planet Mars dan Yupiter. Asteroid merupakan kumpulan batuan yang ukurannya berbeda-beda beredar mengelilingi matahari. Asteroid sering juga disebut dengan planet kecil.


Sumber :
Berbagai Buku BSE IPA Kelas VI

©PUAD CORPORATION 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails