Assalamualaikum

Search

Sudah Baca kah

Kamis, 19 Maret 2020

Quizizz Jenis Paragraf dan Kalimat Utama

Quizizzz Jenis Paragraf dan Kalimat Utama

Tanggal : 19 Maret 2020
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia


1.
       Ada berbagai jenis olahraga. Antara lain catur, sepak bola, basket, dan tenis. Dari berbagai macam jenis olahraga tersebut sepak bola adalah olahraga yang paling digemari. Karena sepak bola telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Ide pokok dari teks diatas adalah Sepak bola adalah olahraga yang digemari.

2.
     Bambu adalah tumbuhan yang banyak terdapat di desa. Bambu memiliki banyak manfaat. Saat bambu masih muda, biasanya dipakai sebagai sayur. Bambu yang sudah tua lebih banyak lagi manfaatnya. Antara lain untuk memasang bendera, dan membuat berbagai perabotan rumah tangga. 

Paragraf diatas termasuk Eksposisi karena banyak memaparkan informasi.


3.
    Pak Burhan adalah orang kaya di kampung Simpur. Rumahnya terletak di tepi jalan raya. Rumahnya sangat besar dan megah. Di dalam rumahnya terdapat kandang-kandang binatang buas. Di dalam kandang-kandang itu terdapat macan putih, simpanse, ular, burung kakak tua putih, dan beraneka satwa liar yang dilindungi pemerintah. 

Paragraf diatas termasuk deskripsi karena menggunakan pengindaraan.


4.
      Hutan memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita. Di hutan tumbuh bermacam-macam tumbuhan yang dapat mencegah bajir, erosi dan tanah longsor. Hewan-hewan juga dapat hidup bebas di hutan, kita juga dapat memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata. Maka dari itu, marilah kita jaga bersama hutan untuk masa depan yang lebih baik. 

Paragraf diatas termasuk Persuasi karena terdapat kata ajakan diakhir paragraf.


5.
       Aku tidak menyangka ternyata rasa nasi goreng masakanku agak terasa asin. Selama ini aku memang tidak pernah membantu Ibu memasak. Tetapi walaupun tidak seenak dan seharum nasi goreng ibu, aku tetap bangga dapat memasak nasi goreng. Bagiku itu adalah pengalaman yang sangat berharga. 

Paragraf tersebut termasuk Deskripsi karena banyak kalimat yang menggunakan pengindaraan.

©PUAD CORPORATION 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Kalo udah baca, komentar untuk perbaikan tulisan

Artikel terkait

Related Posts with Thumbnails